Wednesday, 8 August 2012

Penyesuaian (Adjusting)


Kenapa ada penyesuaian??

Pada akhir periode akuntansi, ada beberapa saldo akun di buku besar (ledger) yang perlu dilakukan dilakukan pemutahiran agar didapatkan saldo yang menggambarkan saldo yang sebenarnya.Contoh, saldo akun beban di bayar dimuka, atau asuransi dibayar dimuka pada akhir periode mungkin disajikan terlalu besar (over stated) dikarenakan pencatatan yang tidak dilakukan per hari.

akuntansi

Untuk itulah diperlukan ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries). Semua ayat jurnal penyesuaian mempengaruhi paling sedikit satu akun laba-rugi dan satu akun neraca. Dengan demikian, suatu ayat jurnal penyesuaian akan selalu melibatkan akun pendapatan atau beban dan akun aktiva atau kewajiban.

Empat pos dasar yang memerlukan ayat jurnal penyesuaian :
·         Penangguhan (deferral). Dilakukan dengan mencatat transaksi sedemikian rupa sehingga menunda atau menangguhkan pengakuan beban atau pendapatan.
1.  Beban ditanggukan (deferral expenses) atau beban dibayar dimuka (prepaid expenses). Adalah  pos yang sejak awal dicatat sebagai aktiva tetapi akan menjadi beban selama operasi normal bisnis.Contoh, perlengkapan dan asuransi dibayar dimuka, bunga dibayar dimuka.
2.  Pendapatan yang ditangguhkan (deferred revenues) atau pendapatan diterima dimuka (unearned revenues). Adalah pos yang sejak awal dicatat sebagai kewajiban tetapi diharapkan menjadi pendapatan selama operasi normal bisnis. Contoh; sewa diterima dimuka dan premi yang diterima dimuka pada perusahaan asuransi.
·         Pos Akrual. Timbul karena akibat tidak adanya pencatatan beban yang terjadi atau pendapatan yang dihasilkan. Dapat juga diartikan  sebagai pos-pos yang timbul sejalan dengan berlalunya waktu, namun tidak dilakukan pencatatan atas pos-pos tersebut.
1.  Beban akrual atau kewajiban akrual. Adalah beban yang sudah terjadi tetapi belum dicatat dalam akun. Contoh, upah akrual yang terhutang pada karyawan pada saat akhir periode.
2.  Pendapatan akrual atau aktiva akrual. Adalah pendapatan yang telah dihasilkan tetapi belum dicatat dalam akun. Contoh, honor atas jasa yang yang telah diberikan tetapi belum ditagih, bunga akrual atas wesel tagih dan sewa akrual yang belum ditagih.

No comments:

Post a Comment